ria
Blog Universitas Komputer Indonesia

konvergensi media

Konvergensi Media
 
Konvergensi media adalah penggabungan atau menyatunya saluran-saluran keluar (outlet) komunikasi massa, seperti media cetak, radio, televisi, Internet, bersama dengan teknologi-teknologi portabel dan interaktifnya, melalui berbagai platform presentasi digital. Dalam perumusan yang lebih sederhana, konvergensi media adalah bergabungnya atau terkombinasinya berbagai jenis media, yang sebelumnya dianggap terpisah dan berbeda (misalnya, komputer, televisi, radio, dan suratkabar), ke dalam sebuah media tunggal. Gerakan konvergensi media tumbuh berkat adanya kemajuan teknologi akhir-akhir ini, khususnya dari munculnya Internet dan digitisasi informasi. Konvergensi media ini menyatukan tiga C (computing, communication, dan content). Jika dijabarkan di level perusahaan, maka konvergensi ini menyatukan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang informasi (komputer), jejaring telekomunikasi, dan penyedia konten (penerbit buku, suratkabar, majalah, stasiun TV, radio, musik, film, dan hiburan).
Konvergensi media memungkinkan para profesional di bidang media massa untuk menyampaikan berita dan menghadirkan informasi dan hiburan, dengan menggunakan berbagai macam media. Komunikasi yang sudah dikonvergensikan menyediakan berbagai macam alat untuk penyampaian berita, dan memungkinkan konsumen untuk memilih tingkat interaktivitasnya, seraya mereka bisa mengarahkan sendiri penyampaian kontennya. Konvergensi media memungkinkan audiens (khalayak) media massa untuk berinteraksi dengan media massa dan bahkan mengisi konten media massa. Audiens sekarang dapat mengontrol kapan, di mana dan bagaimana mereka mengakses dan berhubungan dengan informasi, dalam berbagai jenisnya.
 
Media konvergen secara luar biasa. Di samping itu, berkat kemajuan teknologi informasi pula biaya maupun infrastruktur yang di perlukan untuk dapat mengolah dan mengirimkan informasi pun kian murah dari tahun ke tahun. Sebut saja desktop maupunnotebook yang sekarang ini laris manis bak kacang goreng karena disamping harganyayang makin terjangkau juga fasilitas yang disediakan juga makin canggih.Secara khusus, konvergensi teknologi informasi menyebabkan bergesernya pola perilakumanusia dalam bekerja, belajar, mengelola lembaga bisnis atau perusahaan, menjalankan pemerintahan, maupun dalam melakukan perdagangan. Sejalan dengan itu, kini kitaakrab dengan aktivitas bisnis baik perdagangan maupun perbankan yang akrab kita kenaldengan sebutan e-commerce dan e-banking. Di sektor pemerintahan saat ini telah dikenalistilah e-government. Dalam dunia pendidikan, kini dikenal pembelajaran jarak jauhmelalui internet atau e-learning. Bahkan dunia seni pun tak luput dari sentuhan teknologi informasi dimana kalangan seni juga dapat diperkenalkan karyanya ke dunia internasional tanpa tersekat oleh batas-batas teritorial.
 
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Sabtu, 01 Desember 12 - 12:18 WIB
Dalam Kategori : ICT
Dibaca sebanyak : 798 Kali
Rating : 1 Bagus, 0 Jelek
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback